Rabu, 27 Desember 2017

Apa itu Instrumen Analog dan Digital?

Apa Itu Instrument Analog Dan Digital?

Instrument analog merupakan bentuk komunikasi elektromagnetik yang merupakan proses pengiriman sinyal pada gelombang elektromagnetik dan bersifat variable yang berurutan atau continue. Jadi sistem analog merupakan suatu bentuk sistem komunikasi elektromagnetik yang menggantungkan proses pengiriman sinyalnya pada gelombang elektromagnetik. Dua parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitudo dan frekuensi. Isyarat analog biasanya dinyatakan dengan gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk isyarat analog. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa berdasarkan analisis fourier, suatu sinyal analog dapat diperoleh dari perpaduan sejumlah gelombang sinus.

Instrumen analog memberikan output yang berubah secara kontinyu terhadap perubahan besaran yang diukur. Output dapat memiliki sejumlah nilai yang tak- terbatas dalam rentang desain instrumen. Saat perubahan nilai input, penunjuk bergerak dengan gerakan kontinyu yang halus. Meskipun penunjuk dapat berada pada posisi sembarang, jumlah posisi yang dapat terdeteksi oleh mata dengan berbeda adalah terbatas, bergantung pada seberapa besar skala dan seberapa baik dia dibagi.

Gambar 1. Contoh instrumen digital: penghitung putaran


Instrumen digital memiliki output yang berubah dalam langkah diskrit dan sehingga hanya memiliki sejumlah nilai yang terbatas. Penghitung putaran yang ditunjukkan pada Gambar 1 merupakan contoh instrumen digital. Bubungan (cam) ditempelkan pada benda yang berputar yang diukur putarannya, dan pada setiap putaran, bubungan membuka dan menutup saklar. Operasi saklar dihitung oleh pencacah elektronik. Sistem ini hanya dapat menghitung putaran penuh dan tidak dapat membedakan pergerakan yang kurang dari putaran penuh.

Perbedaan utama antara instrumen analog dan digital telah menjadi penting khususnya dengan adanya perkembangan pesat pada aplikasi mikrokomputer untuk sistem kontrol otomatis. Sebuah instrumen yang memiliki output dalam bentuk digital dapat disambungkan langsung ke komputer kontrol. Sedangkan intrumen analog harus menggunakan ADC terlebih dahulu. Konversi dengan ADC memiliki beberapa kerugian. Pertama, ADC menambah harga sistem secara signifikan. Kedua, ada batasan waktu dalam proses mengkonversi sinyal analog ke digital sehingga mengurangi akurasi kontrol yang bergantung pada kecepatan komputer mengontrol.
   
Data digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau/noise, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat.

Biasanya sinyal ini juga dikenal dengan sinyal diskret. Sinyal yang mempunyai dua keadaan ini biasa disebut dengan bit. Bit merupakan istilah khas pada sinyal digital. Sebuah bit dapat berupa nol (0) atau satu (1). Kemungkinan nilai untuk sebuah bit adalah 2 buah (21). Kemungkinan nilai untuk 2 bit adalah sebanyak 4 (22), berupa 00, 01, 10, dan 11. Secara umum, jumlah kemungkinan nilai yang terbentuk oleh kombinasi n bit adalah sebesar 2n buah


Tabel 1. Konversi bilangan desimal, biner, oktal, dan hexadesimal.

Data analog dapat merupakan sinyal analog. Demikian pula,data digital dapat merupakan sinyal digital. Data digital dapat juga dijadikan sinyal analog dengan memakai modem (modulator/demodulator) sedangkan data analog dapat dijadikan sinyal digital dengan memakai codec (coder-decoder).

Gambar 2. Gerbang logika pada instrument digital

Referensi :
[1] http://teukualib.blogspot.co.id/2014/10/v-behaviorurldefaultvmlo_31.html
[2] http://belajartik86.blogspot.co.id/2013/11/dasar-sistem-digital.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar